Skip to main content

Merombak Susunan Meja Belajar


Saya masih ingat kata-kata guru SMA saya yang mengatakan, "posisi menentukan prestasi". Kata-kata yang sangat kaya makna, baik makna inspirasi maupun makna menyindir. :)

Terlepas dari itu, saya saat ini sangat perlu memperbaiki posisi anak didik saya. Maksudnya posisi susunan meja. Karena di semester 2 ini saya belum melakukan perubahan susunan meja sama sekali. Dibandingkan semester 1, hampir beberapa kali melakukan perombakan.

Kemarin, akhirnya saya melakukannya. Meski beberapa kali gonta-gonta bentuk, mulai dari bentuk V, bentuk V terbalik, bentuk lingkaran, dan terakhir bentuk U terbalik. Namun menurut saya memang tidak bisa satu kali rombak jika ingin menemukan tampilan, efektivitas, kenyamanan secara merata.

Nah mengapa saya kemarin beberapa kali gonta-ganti susunan meja? Berikut alasannya.

Beberapa siswi yang duduknya diujung sering mengeluh

Sering sekali saat saya menuliskan materi di papan tulis, beberapa anak didik yang di ujung depan mengeluh. Katanya tidak bisa melihat tulisan saya karena silau.

Karena bahan papan tulis kami adalah triplek. Jadi jika terkena cahaya matahari, maka akan sedikit memantul. Akibatnya tulisan sedikit tidak jelas.

Permasalahan ini sebenarnya masalah klasik. Cara singkatnya cukup tutup gorden. Namun di kelas saya tidak ada gorden.

Dulu sempat ada, cuma saya lepas, karena kainnya sudah terlalu lusuh. Saya tidak suka melihatnnya. Karena tampilan akan mempengaruhi pandangan.

Saya menginginkan sesuatu yang baru

Memang anak didik saya mengeluh kesulitan melihat papan tulis akibat silau.

Namun saya juga memang merasa perlu perubahan. Agar terasa ada sesuatu yang baru.

Saya percaya dengan perubahan tempat, akan mempengaruhi sedikit banyaknya pikiran, cara berpikir dan lain-lain.

Penutup

Demikian tulisan singkat saya, semoga dengan dirombaknya susunan meja semoga bisa menjadikan suasa baru dan mempengaruhi hasil belajar mereka.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar