Skip to main content

Cara Kuat Melawan Rasa Berat Bangun Pagi


Saya dan siapapun pasti akan merasakan beratnya bangun pagi. Terlebih setelah begadang, atau badan terlalu capek.

Meski begitu, terkadang kita akan dihadapkan situasi yang mengharuskan bangun pagi. Bahkan bagi umat muslim harus bangun subuh setiap hari untuk menunaikan sholat subuh bukan?

Meskipun kita sudah memasang alarm, untuk mengingatkan dan memaksa bangun. Namun rasanya mata kita terasa berat dan tubuh terasa malas sekali bangun. Di telinga serasa muncul kata-kata, nanti saja, bentar lagi, capek banget, dan lain-lain.

Padahal jika kita tidak begadang maupun kecapean, tetap saja tubuh ini mengajak bermalas-malasan bangun pagi. Ya kan?

Nah inilah sebenarnya pangkal utama tubuh menolak bangun. Kita mendengarkan kata-kata yang mucul di telinga kita.

Jadi caranya bagaimana?

Selama ini ada cara ampuh yang selalu saya pakai, terlebih saat itu dituntut bangun pagi, misalkan karena ada pekerjaan yang harus diselesaikan.

Padahal badan sangat terasa capek. Mata sangat mengantuk. Bahkan membuka mata saja hampir tidak bisa.

Cara yang saya lakukan adalah memaksa tubuh duduk dan berpindah tempat. Tanpa berpikir, tanpa pertimbangan, langsung action.

Waduh gimana itu?

Jadi gini.. Saat kita terbangun, ada beberapa detik di otak kita mengingat mengapa kita harus bangun. Misalnya saat mendengar alarm Anda akan teringat malam berniat bangun subuh pengen sholat subuh, malam tadi berniat bangun sebelum sebuh mau ngerjakan pekerjaan yang belum selesai malam tadi.

Benarkan? Anda pasti juga mengalami seperti itu.

Nah saat itu segera saja lakukan tanpa berpikir, tindakan duduk beberapa detik.

Kemudian berpindah dari tempat tidur ke tempat lain. Misalkan ke dapur, ruang tamu, atau ke manapun, pokoknya jangan di tempat tidur.

Selain itu carilah tempat yang terang. Dengan tempat yang terang sangat mendukung cepatnya kesadaran kita keluar dari zona malas.

Saat tidur kita ibarat berada di daerah yang diselimuti awan tebal dan hitam gelap. Namun setelah beberapa detik Anda duduk dan berpindah tempat yang terang, maka awan gelap tersebut tersibak sedikit demi sedikit.

Ajakan bermalasan yang berdering di telinga hilang sendirinya. Berganti dengan pikiran yang membenarkan akan tindakan kita.

Penutup

Demikian cara yang menguatkan kita mengalahkan rasa berat bangun pagi. Jika Anda belum pernah melakukannya, maka cara ini layak dicoba.

Anda tetap akan merasa berat bangun pagi, namun sebenarnya cara ini jauh lebih memudahkan Anda dan menyelamatkan Anda untuk bangun pagi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar