Skip to main content

Hallo Hay - Trik Asik Menarik Perhatian Peserta didik


"Siapa yang bisa jawab pertanyaan Bapak yang ini"?

Kemudian dijawab rebutan dan penuh semangat oleh peserta didik,"Saya Pak.. Saya Pak.. Saya Pak....."

Terasa banget antusias mereka akan proses pembelajaran kita. Semuanya fokus dan mendengarkan setiap perkataan yang kita keluarkan.

Menyenangkan sekali rasanya jika berhasil membuat pembelajaran yang asik bagi peserta didik. Sehingga mereka antusias dan tertarik dengan apa yang kita sampaikan.

Namun adakalanya fokus mereka menurun saat proses pembelajaran. Kendali kita untuk menarik perhatian mereka juga seolah-olah kendur.

Sedikit demi-sedikit mulai bermunculan kegaduhan, akibat satu per satu mulai bicara dengan teman sebangkunya. Walaupun di antara mereka masih tetap ada jaga sikap, dengan gaya seolah-olah memperhatikan. Namun sebenarnya pikiran mereka melayang ke mana-mana.

Belum lagi beberapa dari mereka dilanda kantuk, terutama yang duduk di pojokan. Sudah hampir dipastikan tidak menyerap lagi apa yang kita sampaikan.

Bisa jadi sebenarnya mereka lagi bosan dan penat dengan pelajaran. Ditambah lagi saat itu sudah tengah hari, jamnya lapar. Perut sudah keroncongan, sehingga fokus mereka jadi buyar. Akibatnya khayalan mereka melayang ke nasi lontong ibu kantin.  :-) 

Dilemanya, jam pelajaran masih panjang. Namun kita mesti menyampaikan pesan penting dari materi hari itu.

Jika sudah seperti itu mari kita gunakan Trik Halo - Hai. Ini dia Trik asik, simpel, mudah dan efektif mengembalikan dengan cepat fokus peserta didik. Tidak hanya itu, trik ini juga bisa Anda gunakan untuk ice breaking dan permainan juga lho.

Jika Anda penasaran dan ingin tahu, mari kita simak penjelasannya berikut ini. Sebuah trik pembelajaran yang sangat sederhana, namun jangan terkejut jika Anda nantinya merasakan seperti menjadi guru terasik di kelas karenanya.

A. Cara kerja trik Hallo - Hai

Saya terinspirasi trik ini ketika mengikuti KKG di gugus kami. Waktu itu Pak mentoring menggunakan trik ini saat memulai perkenalan dengan kami.

Sebut saja nama triknya Hallo - Hay, supaya memudahkan mengingat. Disebut Hallo - Hay Karena trik ini memang hanya menyebutkan "Hallo" dan "Hay". 

Jadi kita mintakan siswa menjawab terbalik dari kata yang kita ucapkan. Misalnya ketika kita bilang "Halloooo", peserta didik kita mesti menjawab "Haaaay". Begitu juga sebaliknya, ketika bilang "Haaaay", peserta didik kita harus menjawab "Halloooo". Begitu saja. Mudah bukan?

Kebayang?

Yah sesimple itu, namun dirasakan luar biasa. Sampai saat ini trik ini masih terbukti ampuh membuat peserta didik merespon, tertarik dan menjadi lebih fresh kembali saat fokus mereka teralihkan.

B. Explore trik ini

Awal mulanya saya memperkenalkan trik ini kepada peserta didik setiap awal semester. Tepatnya setiap perkenalan dengan peserta didik baru di kelas saya.

Karena niatnya ingin membuat kesan yang menyenangkan saja. Bukankah awal yang berkesan baik, sangat menentukan proses selanjutnya. Seperti kata iklan, "kesan awal yang menggoda selanjutnya terserah Anda" . 😊

1. Alat menyapa

Selanjutnya trik ini bisa kita explore sebagai alat menyapa guna menarik perhatian peserta didik, setiap kali mau memulai pembelajaran. Tepatnya sesaat sebelum menyampaikan materi.

Gunakan saja trik ini. Trik ini akan memantik semangat dan menjadi pemanasan sebelum penyampaian materi.

Bukankah pelajaran yang menyenangkan diawali pembukaan yang menyenangkan pula? Nah trik ini bisa menjadi pilihan pembuka yang bagus sebelum memulai pelajaran.

2. Ice breaking

Jika Anda menginginkan ice breaking yang singkat dan mudah, maka Anda tidak salah menggunakan trik ini.

Ketika Anda mengucapkan "Halloooo", maka seketika itu pula pandangan mata mereka dibarengi seringai senyum senang akan menerpa Anda.

Rasanya seperti ada sesuatu yang cair antara Anda dan peserta didik. Jadi jangan ragu-ragu menggunakan trik ini jika jalannya pembelajaran Anda kurang greget.

3. Game

Trik ini bisa juga dijadikan game lho. Kebetulan sekali, seperti yang kita tahu anak-anak sangat suka namanya game.

Sangat cocok digunakan ketika mendekati akhir pelajaran. Karena saat tersebut biasanya anak-anak mulai tidak betah di kelas.

Dengan memainkan trik ini, lihatlah mereka semua akan menjadi senang dan lebih fresh.

Jika Anda menginginkan trik ini menjadi game, Anda bisa memulainya dari:


Buat pemanasan awal dulu

Pemanasan ini bisa dilakukan dengan menyapa mereka dengan mengucapkan "Hallooo...". Mendengar Anda mengucapkan itu, semuanya pasti pada menjawab, "Haaayyyy....."

Nah berhasil deh Anda mencuri perhatian mereka. Setelah itu lanjutkan saja dengan mengucapkan "Haaayyy...". Silahkan ulangi 2 sampai 3 kali, sampai semuanya pada fokus dengan Anda.

Mulai variasi

Setelah pemanasan, Anda bisa melakukan variasi dari 2 kata tersebut. Jangan sepelekan ya, walau hanya terdiri 2 kata, tetapi variasinya luar biasa.

Memvariasikannya bisa dengan menggabungkan kedua kata tersebut dengan sekali pengucapan. Seperti "Hallooooo.... Haaayyyy". Atau bisa juga menukar kata tersebut seperti "Haaayyyy.... Hallooooo".

Variasi berikutnya bisa menambah dan melakukan pengulangan. Seperti, "Hay.. Hay.. Hallooo..". Atau "Hallo.. Hallo.. Haaayyy...".

Saya yakin, Anda yang membaca ini sudah kebayang dan ketawa sendiri, bagaimana riuhnya kelas akibat trik ini. :-) Akibatnya setelah membaca ini Anda ingin sekali mencoba mempraktekkan di kelas.

Tingkatkan kesulitan

Meningkatkan kesulitannya bisa dengan memperpanjang pengulangannya. Misalnya "Hallo.. Hallo.. Hallo.. Hay.. Hay.. Haaayyy..".

Atau,

"Hallo.. Hallo.. Hay.. Hay.. Hallooo..".

Menarik bukan? Dengan menjadikan game sederhana ini, melatih indera pendengaran, fokus dan ingatan mereka. Dan yang pasti menjadikan suasana fun.

4. Memancing perhatian tertuju kepada Anda

Trik ini seperti sesuatu yang wajib Anda miliki. Manfaatnya luar biasa, seperti memantik fokus peserta didik agar kembali tertuju kepada kita. Terutama ketika kelas mulai gaduh.

Pokoknya kalau makai ini yakin dah, semua pada kembali fokusnya ke kita. Walaupun terkadang fokus mereka tidak bertahan selamanya. Ya maklum namanya juga anak-anak terlalu kreatif, inginnya macam-macam ada yang ingin dikerjakan.

Tapi di sinilah kesempatan yang bisa Anda gunakan. Beberapa saat mereka kembali fokus kepada kita, semaksimal mungkin gunakan kesempatan tersebut untuk menyusupkan pesan penting dari materi.

Jadi harapannya jika ada materi yang tidak bisa nyantol bagi sebagian siswa, minimal pesan dan point penting bisa nyantol di kepala mereka. Karena selama pelajaran, setiap peserta didik hanya 40-70 % benar-benar fokus memperhatikan Anda. Sisanya pikiran mereka entah ke mana. Walaupun sikap mereka seperti memperhatikan kita.

Penutup

Jadi jangan ragu untuk menggunakan trik mudah dan simpel Hallo - Hay ini untuk menarik perhatian peserta didik. Lakukan dengan kreatif, maka pembelajaran Anda akan menjadi hidup dan menyenangkan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar