Skip to main content

11 Cara Menjadi Guru yang Berkepribadian Menarik dan Disukai Banyak Orang


Kita semua tahu bahwa guru adalah pekerjaan yang berhubungan dengan orang banyak. Bahkan selain mengajar, mereka juga memiliki keseharian bersosialisasi dengan teman, keluarga dan masyarakat.

Tidak ada pilihan lain, seorang guru mesti menjadi pribadi menarik dan disukai banyak orang agar mudah diterima di mana saja. Namun hal tersebut bagi sebagian orang bukan hal yang mudah.

Kabar baiknya, menjadi pribadi menarik dan disukai ternyata sudah merupakan bakat Anda sejak lahir. Buktinya, lihat saja bayi yang baru lahir, siapa pun akan begitu senang melihatnya bukan? Namun perjalanan waktu dan pengalaman hiduplah membuat berbeda satu sama lain.

Namun Anda tidak perlu khawatir, menjadi guru yang berkepribadian menarik dan menyenangkan bisa Anda bentuk sendiri dengan 11 cara teruji berikut.

1. Taklukkan ego sendiri

Jika Anda ingin menjadi pribadi yang menarik dan menyenangkan, pertama-tama taklukkan dulu ego Anda sendiri. Semakin Anda bisa menaklukkan ego, semakin Anda akan mudah diterima siapa saja.

Prinsipnya, jika Anda ingin menyampaikan sesuatu yang benar sekalipun, namun apabila mengedepankan ego sendiri, hanya akan membuat orang lain membenci Anda.

Ingat, kebenaran itu penting, tetapi kebaikan itu lebih utama.

Lain halnya jika Anda sudah menjadi pribadi yang diterima di suatu kelompok, maka akan dengan mudah menyampaikan sesuatu yang pahit sekalipun.

Namun ingat, tetap kedepankan kebaikan, kelembutan & berdasarkan kebutuhan bersama, bukan mengedepankan menurut Anda benar dan Anda butuhkan.

2. Jadilah pribadi pemberi solusi

Cara tercepat menjadi pribadi menarik dan disenangi adalah menjadi pribadi pemberi solusi. Mengapa? Karena pribadi seperti ini dijamin akan membuat orang lain merasa seperti bertemu dokter yang menyembuhkan penyakit mereka.

Pribadi seperti ini akan dirasakan manfaatnya. Bukankah, sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia yang lain?

Semua manfaat bisa mereka rasakan walau hanya dengan solusi sederhana. Anda bisa mulai dari membantu mencarikan solusi seseorang yang bertanya pada Anda, sering berbagi informasi yang baru melalui berbagai media, dan sebagainya.

Tetapi, jangan juga kesannya Anda menggurui. Karena orang lain pada dasarnya tidak suka digurui walau mereka butuh guru.

Posisikan diri Anda sejajar, bukan merasa paling pintar akan persoalan mereka.

Selain itu, hindari menyalahkan mereka, walaupun mereka sebenarnya salah. Namun cari cara bagaimana mereka menyadari kesalahannya sendiri.

Cara terbaik adalah dengan menyajikan bukti dan fakta, bukan dengan ceramah.

3. Jadilah pribadi yang bisa menghargai orang lain

Jika Anda ingin menjadi pribadi yang dihargai orang lain, tentu Anda harus bisa menghargai orang lain lebih dulu.

Seperti halnya prinsip Law of Attraction, hukum tarik menarik. Semakin banyak Anda memberi, maka semakin banyak Anda menerima.

Jadi mulailah dari diri Anda untuk menghargai orang lain.

Menghargai orang lain bisa dimulai dari hal yang sederhana seperti murah senyum yang tulus, selalu besikap ramah dengan siapapun termasuk orang yang Anda benci sekalipun, menerima pendapat orang lain tanpa harus menyalahkannya.

Dengan sikap ini maka Anda akan menjadi pribadi yang menarik dan menyenangkan. Bahkan Anda akan sangat mudah diterima di mana saja.

4. Jadilah pribadi yang rendah hati

Percaya atau tidak, pribadi rendah hati adalah pribadi yang paling disukai siapapun. Namun bukan "rendah diri"  ya.

Sudah jamak diketahui siapapun tidak akan suka berhadapan dengan orang sombong. Sebaliknya Anda akan begitu senang rasanya jika berkomunikasi dengan orang yang rendah hati.

Agar tidak terjebak dengan sikap rendah diri, tanamkan dalam mindset Anda bahwa diri Anda adalah "luar biasa"  dan "perfeck" . Namun ingat selalu bahwa "di atas langit masih ada langit" , agar diri Anda selalu tersadar untuk rendah hati.

5. Jadilah pendengar yang baik

Apakah Anda tahu rahasia berkomunikasi yang baik sehingga Anda dianggap komunikator yang menyenangkan? Anda sudah tepat membaca postingan ini dan akan semakin memahami cara berkomukasi yang baik.

Untuk menjadi pribadi yang menyenangkan tentu harus pandai berkomunikasi. Namun ternyata orang yang pandai berkomunikasi bukanlah orang yang pandai berbicara. Tetapi orang yang pandai menjadi pendengar yang baik.

Justru jika Anda hanya memaksakan berbicara sendiri, tanpa mengindahkan orang lain malah membuat orang lain tidak akan suka dengan Anda.

Agar menjadi pendengar yang lebih baik, Anda bisa menggunakan metode SIR (Sensing, Interpreting dan Responding).

Sensing adalah sebuah proses mendengar yang disertai dengan fokus dan bahasa tubuh yang sesuai.
  • Posisi badan sedikit condong ke depan ke arah lawan bicara.
  • Pastikan ada kontak mata dengan lawan bicara.
  • Fokus dan tidak sambil melakukan hal lain.
Interprenting adalah sebuah proses mendengar yang disertai dengan fokus dan bahasa tubuh yang sesuai.

Responding adalah bagaimana Anda merespon apa yang disampaikan oleh lawan bicara. Menunjukkan respon terbaik agar dianggap dalam posisi 100% mendengar, Anda bisa menggunakan cara menanggapi sebuah pembicaraan seperti ini:
  • “Hmmm….”
  • “Ooooo…. “
  • Sekedar anggukan kepala.

Lebih powerfull lagi buatlah pembicaraan Anda semakin mengalir dengan cara :

Mengulangi / memparafrase apa yang disampaikan

Dengan mengulangi apa yang disampaikan oleh lawan bicara berarti Anda mengkonfirmasi apa yang dia sampaikan sekaligus mengundang dia untuk berbicara lebih mendalam lagi. misalnya:

Lawan bicara :

"Libur semester ini saya akan pulang kampung".

Anda:

"Wah, mau pulang kampung ya, asyik dong".

Note: kalimat dialog yang saya tebali di atas adalah contoh cara mengulangi/memparafrasekan apa yang disampaikan oleh lawan bicara kita.


Bertanya lebih lanjut

Dengan bertanya berarti kita menunjukkan rasa tertarik akan apa yang disampaikan oleh lawan bicara. Namun ingat, pertanyaan yang Anda ajukan haruslah berhubungan dan sesuai dengan topik pembicaraan yang dia sampaikan sebelumnya. Jika pertanyaan Anda tidak berhubungan, malahan Anda terkesan sebagai orang yang tidak peduli.

6. Biasakan selalu bersikap ramah di mana dan kapanpun

Anda mungkin menganggap pribadi yang ramah adalah sosok yang tidak berpengaruh. Namun kenyataannya justru orang yang ramah adalah pribadi yang paling disegani dan dihormati.

Coba Anda perhatikan sosok tokoh tokoh besar seperti Presiden RI, Joko Widodo. Beliau orang yang sangat ramah namun tetap tegas. Orang yang bersikap ramah lebih disenangi dibanding sikap kasar.

Jika Anda merasa kesulitan menjadi orang yang ramah maka coba ingatlah prinsip ini, "hidup ini bagai cermin diri Anda sendiri". Artinya apapun yang Anda alami dalam kehidupan ini sesuai bagaimana Anda menyikapi dan memandangnya.

Jika Anda ingin kehidupan ini ramah dengan Anda, cara terbaiknya adalah Anda juga mesti ramah dengan kehidupan anda.

7. Jadilah pribadi yang bisa berempati

Jika Anda pandai berempati,  besar kemungkinan Anda akan mendapatkan banyak sahabat. Mengapa? Karena mereka yang merasakan empati Anda, akan merasa bahwa Anda merasakan apa yang mereka rasakan.

Bukankah seorang sahabat adalah seseorang yang juga merasakan di saat kita sedih dan bahagia?

Oleh karena itu biasakan berempati terhadap orang lain. Jadilah orang yang "pintar merasa, bukan" merasa pintar".

Pintar merasakan kondisi hati dan perasaan orang lain. Dengan begitu orang lain akan merasa Anda sahabat merrka.

8. Jadilah pribadi yang senang membantu

Siapa sih yang tidak suka dibantu? Semua orang suka dibantu. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa lepas dari pertolongan dari orang lain.

Anda bisa mengambil keputusan menjadi pribadi yang senang membantu melalui hal yang sederhana dulu. Misalnya membantu memindahkan benda yang menghalangi jalan yang Anda lalui, menyediakan lampu jalanan di depan rumah, hadir setiap ada orang meninggal dunia, dan lain sebagai.

Jadilah orang yang berinisiatif lebih dulu memberi bantuan tanpa diminta. Percayalah pribadi seperti ini adalah pribadi yang sangat dihargai dimasyarakat.

9. Jadilah pribadi yang sopan

Pribadi yang sopan ternyata lebih dipandang berkharismatik, menarik dan menyenangkan. Selain itu pribadi yang sopan akan lebih dihargai orang lain.

Pribadi yang sopan akan membuat siapa pun akan merasa nyaman apabila didekat mereka. Maka semakin Anda menyadari kekuatan dari sopan, maka Anda akan semakin ingin menjadi pribadi yang mengedepankan kesopanan.

Yang Anda dapat lakukan menjadi pribadi yang sopan yaitu dimulai dari memperhatikan cara berpakaian. Selain itu jaga sikap dan perilamu serta hati-hati dalam pemilihan kata dan bahasa.

10. Jadilah pribadi yang humoris

Jika Anda orang yang humoris, maka saya ucapkan selamat!!. Anda adalah orang yang yang mudah berbaur dan menyenangkan.

Humoris lebih mudah klik dan berbaur dengan siapapun dan memiliki daya tarik tersendiri. Rasanya tidak bosan-bosannya kalau ketemu orang seperti ini.

Jika Anda merasa kesulitan menjadi humoris, tenang saja hal tersebut bisa diatasi. Caranya mulai dari yang sederhana saja, yaitu buat suasana selalu santai, suka tersenyum riang, tidak menanggapi ledekan dan cela bahkan menanggapinya dengan humor.

Dengan cara sederhana di atas, Anda sudah termasuk orang yang humoris. Jadi Anda tidak mesti harus memiliki skill seperti "stand up comedy".

Bagi sebagian orang mungkin masih terasa berat. Lakukanlah sebisa mungkin cara tersebut, maka lambat laun diri Anda sedikit demi sedikit akan menjadi pribadi yang humoris.

11. Jadilah pribadi yang bisa dipercaya & jujur

Mungkin Anda juga sudah mendengar pepatah ini ratusan kali, "kejujuran adalah mata uang yang berlaku di mana saja". Artinya dengan kejujuran Anda akan dihargai di mana pun berada.

Pepatah ini adalah nasehat yang tak lekang oleh waktu. Percaya tidak percaya, orang-orang sukses adalah orang yang memegang prinsp ini.

Percayalah orang jujur pasti mujur. Jagalah kepercayaan orang lain terhadap Anda.

Lakukan di manapun dan kapan pun berada. Maka orang-orang di sekitar Anda akan merasa nyaman dengan Anda.

Yang dapat Anda lakukan mulailah jujur pada diri sendiri. Misalnya, tidak mau mengambil yang bukan hak orang lian, menggunakan panca indera kita untuk yang benar, bersikap dan berfikir positif, dan lain-lain. Jika Anda bisa jujur pada diri sendiri, maka jujur dengan orang lain pun akan semakin mudah.

Kesimpulan

Menjadi guru yang berkepribadian menarik dan disukai banyak orang itu tidaklah sulit, terlebih jika Anda ingin meningkatkan kualitas hubungan kerja Anda. Cobalah ketujuh langkah di atas sesegera mungkin sehingga keajaiban hubungan sosial Anda akan menjadi luar biasa.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar