Skip to main content

9 Cara Menikmati Pekerjaan Mengajar


Menikmati pekerjaan mengajar, adalah cara terbaik untuk mengajar itu sendiri.

Karena dunia mengajar penuh dengan dinamika persoalan. Mulai dari persoalan peserta didik, proses belajar di kelas, sarana prasarana, sampai dengan persoalan kesejahteraan guru.

Dengan begitu, sepahit apapun kondisi dunia mengajar kita, bukan menjadi halangan. Justru akan menjadi seni tersendiri.

Terlebih ada peserta didik kita yang berhasil menorehkan nama baik, maka akan menjadi kepuasan batin yang tak ternilai.

Tidak hanya itu, menikmati pekerjaan ternyata bisa membuat kita bahagia. Karena seseorang yang bekerja dengan menikmati pekerjaan, akan merasakan kepuasan kerja yang sebenarnya.

Jika Anda masih belum bisa menikmati pekerjaan sebagai pengajar, Anda perlu mengetahui kesembilan cara berikut ini.

1. Senangi dahulu pekerjaan mengajar

Jika sampai saat ini Anda sebenarnya belum menyenangi pekerjaan mengajar, maka lebih baik segera banting profesi dengan pekerjaan lain. Karena saya jamin, Anda akan selalu merasa mengalami hari-hari yang buruk di sekolah.

Mengajar adalah pekerjaan yang menguras tenaga, hati dan pikiran. Oleh karena itu kunci utama menikmati pekerjaan mengajar adalah menyenanginya dulu.

Segala sesuatu yang dilakukan dengan senang hati akan melahirkan kekuatan dahsyat untuk meruntuhkan segala rintangan. Sebaliknya sesuatu yang tidak disenangi, tantangan sekecil apapun rasanya akan menjadi malapataka.

Agar mengajar menjadi pekerjaan yang menyenangkan bagi Anda, maka periharalah selalu pikiran positif tentang mengajar. Misalnya, selalu berfikir mengajar itu asik karena sering bemain dengan anak-anak, mengajar itu enak karena tidak perlu kepanasan dan kehujanan, mengajar itu adalah keren karena Anda akan menjadi idola murid Anda.

2. Jadikan mengajar sebagai hobi

Mengajar yang sekedar mengajar hanya untuk mendapat gajih, sesungguhnya tidak akan mendapatkan kepuasan. Karena tujuan utamanya hanya uang, sehingga tidak menikmati prosesnya.

Berbeda mengajar sebagai hobi, akan memberi daya tersendiri terhadap apa yang dikerjakan.

Uang memang penting, namun banyak yang lebih penting dari uang. Singkirkan itu semua dari pikiran Anda. Tetapkan tujuan besar dari mengajar, sehingga akan menjadi pemacu diri anda dari dalam.

3. Jadilah pribadi yang disenangi

Suka atau tidak, minat belajar peserta didik tergantung pribadi guru itu sendiri. Intinya Anda menjual pribadi, bukan materi pelajaran apa yang ingin Anda sampaikan.

Semakin pribadi Anda disenangi maka semakin Anda mudah diterima oleh mereka. Pribadi yang disenangi bagai kunci pembuka pintu pembelajaran yang menyenangkan, sehingga lebih mudah membuka hati dan pikiran mereka.

Jika ingin menjadi pribadi yang menyenangkan adalah bukan hal yang sulit. Cukup menjadi pribadi guru yang ramah bukan guru yang mudah marah. Agar jelas, mari kita lihat perbedaa guru ramah dan guru mudah marah berikut ini.

Guru ramah

Guru mudah marah
  • Muka selalu kusut
  • Penampilan asal-asalan
  • Berkomunikasi tidak memperhatikan pemahaman pendengar
  • Tidak bersemangat

4. Bangun hubungan baik

Cara berikutnya agar Anda bisa menikmati pekerjaan mengajar, Anda mesti bisa membagun hubungan yang baik dengan semua warga sekolah dan masyarakat. Tidak mungkin Anda mengajar dengan nyaman apabila Anda gagal membangun hubungan yang baik dengan mereka.

Gagal membangun hubungan yang baik bisa jadi Anda menjadi pribadi yang dibenci. Kalau sudah begitu maka apa pun yang Anda lakukan selalu dianggap salah. Akibatnya Anda seperti menderita dan tidak bisa menikmati pekerjaan Anda.

Memang kita ketahui bersama beda kepala beda watak, akhirnya pasti ada saja gesekan-gesekan yang berpotensi mengganggu keharmonisan hubungan. Walau begitu, semaksimalkan mungkin redam segala masalah, dan jangan memperbesar masalah yang sepele.

Ada pribahasa “yang tua dihormati dan yang muda dihargai”. Intinya jadilah pribadi yang pandai-pandai menghormati dan menghargai siapapun. Jangan merasa diri lebih superior, paling benar dan mudah menyalahkan rekan kerja.

5. Ingat manfaat besar dari mengajar

Semua pekerjaan pasti memiliki permasalahan tersendiri. Walau begitu Anda tetap harus menghadapinya, tinggal bagaimana cara menyikapinya.

Dengan mengingat manfaat besar dari mengajar, semangat akan selalu menyala. Semangat yang tak pernah lekang akan menjadi bumbu tersendiri menikmati asam manis dunia mengajar.

Saya yakin Anda pasti pernah melihat balon gas. Prinsip balon gas, semakin banyak gas yang diisi ke balon maka beban akan semakin mudah diangkat. Begitu juga dengan mengajar, beban mengajar akan terasa ringan dengan mengingat manfaat besar dari mengajar.

Beberapa manfaat besar yang bisa Anda ingat selalu diantaranya :
  • Pekerjaan mengajar adalah amal jariyah. Seperti yang kita tahu bahwa ilmu yang kita ajarkan akan menjadi pahala, bahkan akan terus mengalir walau sudah meninggal dunia sampai akhir zaman.
  • Mengajar membuat terlihat awet muda karena banyak berhubungan dengan murid yang lebih muda serta bersosialisasi dengan banyak orang.
  • Mengajar dihormati banyak orang hebat nantinya. Karena beberapa murid Anda diantaranya tentu akan ada menjadi orang sukses. Walaupun mereka sukses tetap menghormati Anda yang sudah pernah mengajarkan ilmu sewaktu di bangku sekolah.

6. Jaga kesehatan tubuh

Setiap orang pasti pernah mengalami sakit. Kalau sudah begitu tentu akan mengganggu konsentrasi mengajar bukan?

Tubuh yang sehat akan mempengaruhi pikiran lebih jernih, lebih bersemangat mengajar dan mengajar lebih nyaman. Kondisi yang nyaman tentu mengajar akan lebih dinikmati.

Oleh karena itu cintailah dan jaga selalu kesehatan tubuh Anda. Luangkan waktu berolah raga, makanan makan yang sehat dan menjaga pola hidup yang sehat.

7. Kurangi aktivitas berlebihan

Banyak beraktivitas itu bagus, karena membuat Anda menjadi aktif. Namun perlu diingat, aktivitas berlebihan jg kurang baik.

Terlalu banyak aktivitas tentu akan membuat fokus juga terbagi. Potensi terjadinya stres juga semakin besar dan akhirnya berefek kepada pekerjaan utama Anda.

Oleh karena itu batasi aktivitas Anda dengan memperhatikan hal berikut :
  • Batasi aktivitas utama paling tidak hanya dua. Misalnya selain mengajar juga merangkap sebagai operator sekolah.
  • Apabila ada aktivitas lain, harus bisa fleksibbel. Misalnya sambil mengajar ingin jualan online tiket pesawat, atau jual pulsa.

8. Jadi guru yang kreatif asyik dan menyenangkan

Guru yang paling diimpikan oleh peserta didik adalah guru yang kreatif, asyik dan menyenangkan. Karena tipe guru ini adalah guru yang membuat suasana kelas menjadi ceria, menyenangkan tidak monoton dan aktif.

Akan menjadi kesenangan tersendiri menjadi guru impian bagi peserta didik. Anda akan merasa lebih berharga karena disukai oleh mereka.

Jika ingin menjadi guru yang kreatif, asyik dan menyenangkan, beberapa tips berikut mungkin bisa membantu :
  • Mengoptimalkan kecerdasan majemuk peserta didik seperti linguistik, logika, gerak, spasial, musik, intrapersonal interpersonal.
  • Memahami dunia anak karena anak bukan orang dewasa mini. Mereka memiliki dunia sendiri yang suka bermain. Selain itu jangan mencela, membentak dan berlakulah adil serta tidak pilih kasih.
  • Pandai memposisikan dan menempatkan diri, kapan menjadi guru, kapan menjadi sahabat bagi mereka.
  • Mengembangkan pemikiran anak contohnya : dengan menceritakan kisah atau dongeng.
  • Membangun jiwa anak dengan : membangun kompetisi sehat, memberi reward dan punishment, bercanda dan bersenda gurau, mengarahkan dan menggingatkan.

9. Totalitas

Anda pasti tau Jacky Chan ahli Kungfu dan juga pemain bintang film China. Bagaimana rasanya kalau kita melihat dia beraksi, sungguh terpukau bukan? Karena Jacky Chan kalau sudah beraksi begitu totalitas, bahkan bahaya pun tidak dihiraukan.

Prinsipnya bekerja totalitas akan membuahkan hasil yang berkualitas juga. Namun bekerja setengah setengah maka hasil nya pun juga tidak optimal.

Dalam mengajar perlu keseriusan, total dalam mempersembahkan pelajaran bagi peserta didik. Caranya bisa mulai dari yang sederhana, seperti: mematikan atau memperkecil suara notifikasi pesan atau panggilan saat mengajar, menggunakan perangkat mengajar seperti (RPP/ Silabbus), menyiapkan catatan tersendiri seperti rangkuman materi point penting mengajar.

Penutup

Menikmati pekerjaan mengajar itu tidak sulit, terlebih jika Anda ingin menjadi guru yang selalu bahagia. Ingatlah selalu kesembilan langkah di atas, sehingga Anda menjadi guru yang selalu menikmati pekerjaan anda sebagai pengajar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar