Skip to main content

5 Cara Efektif Jadi Rajin Membaca


Orang besar dan sukses rata-rata memiliki kebiasaan membaca. Sebut saja Abraham Lincoln. Kesukaannya membaca buku buku karya sastra yang digunakan untuk membantunya membentuk pandangan serta kebijakan politik yang diambil.

Tokoh terkenal besar lainnya yang gemar membaca adalah mantan presiden pertama RI, Bung Karno. Hal ini bisa dilihat dari dokumen barang-barang milik Bung Karno di Istana Negara yang diinventarisasi oleh aparat negara, sesaat setelah ia digulingkan. Dari ribuan item, katanya hampir 70 persennya buku. Sisanya: pakaian, lukisan, mata uang receh, satu potong bra dan satu helai sapu tangan wanita. Ya, harta Bung Karno terbesar memang buku.

Jadi, membaca adalah jalan awal untuk menjadi orang besar dan orang sukses.

Namun permasalahannya adalah, kita masih malas membaca?

Ya, saya juga dulu seperti itu. Apabila ketemu buku, yang muncul di dalam benak seperti mengatakan "Nanti saja membacanya!!". Kalaupun membaca buku pasti ngantuk, dan gak ada apapun yang masuk ke dalam otak.

Nah, bagi Anda yang masih sangat malas membaca, tenang saja. Saya akan sajikan 5 cara efektif yang patut Anda coba.

1. Tumbuhkan dulu minat dari dalam diri

Anda tidak akan mungkin menjadi rajin membaca apabila belum menumbuhkan minat dari dalam diri Anda sendiri. Oleh karena itu, bangun dan tumbuhkan minat Anda dulu dalam membaca. Bagaimana caranya?

Pasang mindset bahwa membaca itu menyenangkan

Karena sesuatu menyenangkan itu akan membuat tubuh lebih mudah bereaksi dan bertindak. Tidak percaya? Coba Anda ingat-ingat, lebih cepat mana reaksi Anda untuk bertindak diantara 2 pilihan berikut:
  1. Menyalurkan hobi, meski hobi tersebut membuat Anda sangat cepat lelah bahkan merogoh kocek dompet Anda. Seperti main futsal, main game online di warnet, dan lain-lain.
  2. Mencuci pakaian yang menumpuk? padahal pakaian tersebut kebutuhan Anda sendiri.

Saya yakin Anda lebih memilih melakukan hobi ketimbang mencuci pakaian. Kenapa? karena hobi itu dalam dimindset Anda = menyenangkan. Sehingga Anda akan sukarela mengerjakannya.

Mengingat manfaat membaca

Ibaratnya Anda akan naik balon gas. Balon gas akan mudah naik apabila semakin besar balon tersebut dan diisi gas.

Begitu juga dengan minat membaca, maka ingat selalu manfaat membaca. Dengan begitu, minat membaca Anda akan muncul dengan sendirinya, akibat dorongan yang kuat dari dalam diri.

Mau tau manfaat membaca? manfaat membaca diantaranya:
  • Pengetahuan dan wawasan semakin luas
  • Memiliki bahan pembicaraan yang banyak dan berkualitas
  • Menjadi orang yang lebih peka
  • Memiliki pandangan hidup lebih berwarna
  • Akan menjadi lebih bijaksana
  • Pengetahuan akan banyak membantu menyelesaikan masalah
  • Anda akan menjadi orang yang paling dicari untuk partner diskusi.

Tumbuhkan rasa ingin tahu

Caranya, coba lah melihat-lihat referensi-referensi yang membuat Anda tertarik, unik, atau sesuatu yang tidak Anda kuasai. Misalkan melihat gambar 7 keajaiban dunia, melihat gambar-gambar galaxi di yang ada di jagad raya, atau melihat penemuan-penemuan terbaru dalam dunia since.

Lalu, munculkan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan apa yang Anda lihat, guna mendesak rasa ingin tahu Anda.

Cari tahu kelebihan dan kekurangan diri

Buat lah daftar kelebihan dan kekurangan diri. Kemudian tanyakan pada diri anda sendiri.
  1. Apakah kelebihan yang anda miliki sudah maksimal? dan sudah banyak bermanfaat?
  2. Apakah kekurangan pada Anda bisa diperbaiki? Bagaimana caranya?

Misalnya Anda memiliki kepandaian dalam bidang komputer. Pertanyaan yang bisa Anda ajukan untuk diri sendiri:
  1. Hal apa yang belum saya ketahui di bidang komputer?
  2. Apakah bisa saya manfaatkan untuk kepentingan murid saya? Bagaimana caranya?

Atau Anda merasa seorang yang belum profesional. Pertanyaan yang bisa Anda ajukan untuk diri sendiri misalnya, "Kenapa saya selalu gugup dan gemetar setiap kali berbicara di depan orang banyak?"

Dengan membuat pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan diri sendiri, bertekatlah untuk mencari tahu cara memperbaiki dan meningkatkan kelebihan diri sendiri.

Dengan begitu, percayalah, diri Anda akan memacu ke arah perubahan. Akhirnya minat Anda untuk membaca akan mulai muncul untuk mencari tahu cara memperbaiki dan meningkatkan kelebihan diri.

Ingatlah Anda contoh bagi orang lain

Jika kita rajin membaca, maka akan menularkan kepada orang sekitarnya. Bukankah pelajaran terbaik adalah dengan mencontohkan.

2. Cari buku/ bacaan yang paling menarik bagi Anda

Cara terbaik agar tertarik membaca adalah, cari buku yang paling menarik sesuai dengan minat Anda. Misalnya Anda orang yang tertarik  akan olahraga, maka carilah bacaan yang berkaitan dengan olahraga. Kalau Anda tertatik dengan since, maka carilah buku/ bacaan yang berkaitan dengan since.

Sekarang ini buku/ bahan bacaan sudah sangat mudah didapatkan baik secara online maupun offline.

3. Siasati otak maksimal 5-10 menit setiap kali membaca

Aktivitas membaca memerlukan banyak energi dan membuat otak cepat lelah, sehingga membaca cepat bosan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda perlu menyiasati otak Anda. Caranya membaca tidak perlu berlama-lama, namun fokuskan mendapatkan point penting. Waktu standar membaca 10-15 menit.

Kalau waktu membacanya sedikit, emang banyak dapat pengetahuan?

Ya bisa dong, walaupun waktu membaca sedikit, namun intensitas nya diperbanyak. Misalnya Anda membaca setiap 1 jam sekali.

4. Gunakan teknik membaca yang efektif

Agar memaksimalkan waktu membaca lebih efektif, saya sarankan menggunakan tehnik membaca cepat, membaca sekilas dan membaca ekstensif. Anda belum mengetahui jenis-jenis membaca? berikut sedikit penjelasan singkat mengenai jenis-jenis membaca:

Membaca cepat

Teknik membaca cepat dapat digunakan sebagai salah satu cara belajar efektif. Membaca cepat merupakan teknik membaca dengan memindahkan padangan mata secara cepat, kata demi kata, frase demi frase, atau baris demi baris. Teknik membaca cepat bertujuan agar pembaca dapat memahami bacaan dengan cepat.

Membaca sekilas

Membaca sekilas (skimming) biasa dilakukan ketika membaca koran atau bacaan-bacaan ringan lainnya. Teknik membaca ini dilakukan dengan tujuan agar dapat menemukan infromasi yang diperlukan. Ketika membaca koran, tidak semua informasi dalam koran perlu dibaca, hanya hal-hal yang dianggap penting sudah mewakili informasi yang ingin diketahui. Membaca sekilas adalah teknik membaca yang dilakukan sekilas pada bagian-bagian teks, terutama judul, daftar isi, kata pengantar. indeks atau hal umum lainnya.

Membaca memindai

Membaca memindai disebut juga membaca scanning, yaitu teknik membaca yang digunakan untuk mendapatkan informasi tanpa membaca yang lain. Melainkan langsung pada masalah yang diperlukan. Teknik membaca memindai, biasanya dilakukan ketika mencari nomor telepon, mencari arti kata atau istilah di kamus, dan mencari informasi di ensiklopedia.

Membaca intensif

Membaca intensif adalah teknik membaca yan dapat diterapkan dalam upaya mencari informasi yang bersifat detail. Membaca intensif juga dapat diterapkan untuk mencari informasi sebagai bahan diskusi. Membaca intensif, disebut juga membaca secara cermat. Membaca dengan cermat akan memperoleh sebuah pokok persoalan atau perihal menarik dari suatu teks bacaan untuk dijadikan bahan diskusi.

Membaca ekstensif

Membaca ekstensif adalah kegiatan membaca yang dilakukan dengan cara tidak begitu detail. Kegiatan membaca ekstensif ditujukan untuk mendapatkan informasi yang bersifat pokok-pokok penting dan bukan hal yang sifatnya terperinci. Berdasarkan informasi pokok tersebut, kita sudah dapat melihat atau menarik kesimpulan mengenai pokok bahasan atau masalah utama yang dibicarakan. Membaca ekstensif dapat digunakan ketika membaca beberapa teks yang memiliki masalah utama sama. Kita dapat menarik kesimpulan mengenai teks yang memiliki masalah utama yang sama, meskipun pembahasan detailnya berbeda.

5. Membaca sambil beraktivitas

Membaca paling baik adalah membaca yang tidak terlalu serius meluangkan waktu untuk membaca. Justru membaca yang asik adalah membaca sambil beraktivitas. Dengan membaca yang memanfaatkan waktu senggang dari aktivitas Anda, maka semakin banyak intensitas membaca yang Anda dapat.

Misalnya disela waktu Anda mengajar di kelas, saat murid mengerjakan tugas, bisa Anda manfaatkan tersebut untuk membaca. Atau lagi nunggu antrian di bank, lalu keluarkan gadget Anda, buka aplikasi berita, atau browsing di internet.

Kesimpulan

Agar menjadi orang yang rajin membaca, maka tumbuhkan dulu minat membaca tersebut dan jadikan membaca sebagai hobi. Selain itu pahamilah cara kerja otak, dengan begitu Anda akan lebih maksimal dalam mengusahakan rajin membaca.

Dengan menerapkan 5 cara di atas, maka tidak ada lagi alasan tidak memiliki waktu untuk membaca. Karena sebenarnya bukan waktu yang tidak ada untuk membaca, justru waktu kita yang kurang untuk membaca.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar