Skip to main content

6 Fakta Menarik Hanan Terpilih Sebagai Guru Terbaik Dunia Tahun 2016 Asal Palestina


Pernahkah Bapak/Ibu bertanya dalam hati, apakah ada penghargaan guru terbaik dunia?

Pertanyaan itu melintas di kepala saya beberapa hari yang lalu.

Saya berinisiatif untuk mencarinya dengan browsing di Google dengan menggunakan pertanyaan "who is the best teacher 2016?".

Pertanyaan yang melintas di benak saya tersebut akhirnya terjawab.

Pemilihan Guru Terbaik Dunia diselenggarakan dalam acara bergengsi Global Teacher Prize. Acara itu ternyata sudah diselenggarakan 8 bulan yang lalu. Lebih tepatnya diumumkan dalam upacara malam pada 13 Maret 2016 di Gedung Pendidikan dan Keterampilan Forum Global di Dubai.

Yang membuat saya lebih takjub, Pemilihan Guru Terbaik di Global Teacher Prize jatuh kepada Hanan Al Hroub. Seorang guru wanita dari Negara Palestina yang sejak kecil hidupnya dalam peperangan.

Jika Anda juga tertarik dan penasaran, berikut saya rangkumkan 6 fakta Hanan Guru Terbaik Tahun 2016 asal Palestina:

1. Hanan mendapat penghargaan dari Global Teacher Prize

Global Teacher Prize yang bertujuan sebagai penghargaan kepada guru yang telah mebantu memberi kontribusi luar biasa untuk profesi mereka. Penghargaan tersebut memberikan 1 juta $ US.

Kebayang berapa duit kalau kita Rupiahkan? Dan acara ini juga disajikan setiap tahun, yang mana sudah dimulai semenjak tahun 2015.

2. Global Teacher Prize diberikan oleh Yayasan Varkey

Yayasan Varkey dibawah perlindungan H. Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden UEA, Perdana Menteri, dan Emir Dubai.

3. Global Teacher Prize ini mengambil dari 21 negara

Global Teacher Prize menseleksi menjadi 40 nominasi dengan berbagai kelebihan masing-masing. Setelah disaring lagi mengerucut menjadi 10 finalis. Dari 10 finalis ini Hanan keluar sebagai Juara 1 Global Teacher Prize 2016.

4. Latar belakang Hanan

Beliau adalah seorang guru wanita asal Palestina. Hidup dan dibesarkan di sebuah kamp pengungsi Palestina. Yang mana kita semua tahu bahwa negara Palestina adalah negara yang selalu dilanda perang.

Banyak rumah, bangunan, sekolah, tempat kesehatan hancur. Keadaan itu membuat banyak kehilangan tempat tinggal dan memaksa mereka hanya bisa tinggal di kamp pengungsian.

Saya sudah bisa  membayangkan begitu sulitnya  kehidupan mereka dalam peperangan. Terlebih anak-anak, selain kehilangan tempat tinggal, mereka kehilangan tempat untuk bermain dan belajar, dan yang lebih parah adalah menderita trauma psikis.

5. Hanan adalah pahlawan bagi negara Palestina


Saya rasa Bapak/Ibu sepakat nilai pahlawan bukan saja orang yang rela mati berjuang untuk membela negara.

Seperti yang dilakukan oleh Hanan, beliau menunjukkan bahwa berjuang bisa dilakukan oleh seorang wanita yang juga sekaligus ibu ini. Sehingga saya nilai, beliau bisa disebut Pahlawan Palestina. Terlebih membawa harum nama Palestina di kancah dunia.

6. Berbagai upaya yang beliau lakukan dalam berkontribusi untuk dunia pendidikan di Palestina

Berikut rangkumannya yang bisa sedikti saya petik GlobalTeacherPrize.org:
  • Beliau termotivasi untuk mengajar dengan pengalamannya sebagai seorang ibu dari anak-anak yang trauma dengan insiden penembakan.
  • Menawarkan perawatan spesialis untuk murid yanng mengalami kekerasan.
  • Fokus pada penyediaan ruang yang aman di dalam kelas dan memperhatikan kebutuhan individu.
  • Hanan merangkul dengan slogan 'No Tindak Kekerasan' dan menggunakan pendekatan spesialis yang dia tuangkan dalam bukunya, 'Kami Bermain dan Belajar'.
  • Hanan telah berbagi sudut pandangnya di konferensi, pertemuan dan seminar pelatihan guru.

Kesimpulan

Nilai seorang guru adalah apa yang bisa dia lakukan dan seberapa besar kontribusinya untuk dunia pendidikan. Jadi tidak ada alasan bahwa tidak bisa berprestasi dan menjadi yang terbaik.

Begitu juga halnya dengan postingan sederhana ini mengenai 6 Fakta Menarik Hanan Terpilih Sebagai Guru Terbaik Dunia Tahun 2016 Asal Palestina. Semoga dapat memberikan kontribusi buat dunia pendidikan dan juga menginspirasi Bapak/Ibu guru. Untuk menjadi guru yang terbaik .
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar