Skip to main content

10 Alasan Setiap Guru Mesti Memasang Google Drive


Dewasa ini sudah banyak fasilitas penyimpanan sistem cloud. Yaitu penyimpanan dokumen baik berupa file, foto, video yang  berbasis internet.

Fasilitas ini bertujuan untuk memudahkan seseorang menyimpan dokumen dengan aman.

Dari berbagai fasilitas penyimpanan dokumen yang pernah saya coba, Google Drive adalah yang paling terbaik. Selain karena mudah digunakan, Google Drive adalah salah satu brand yang meyakinkan.

Berbicara masalah penyimpanan dokumen, pekerjaan guru adalah pekerjaan yang sangat berkaitan dengan masalah dokumen. Tentunya hal ini memerlukan penyimpanan yang aman dan mudah diakses.

Jadi, Bapak/Ibu tertarik untuk memasang Google Drive?  Berikut 10 alasan beserta ulasan  yang membuat Bapak/Ibu semakin yakin dan tertarik untuk menggunakannya.

1. Bisa membuka file di mana saja

Seperti yang saya sampaikan di awal tadi, sistem Google Drive adalah sistem cloud. Yaitu sistem pemyimpanan awan berbasis internet. Sehingga memudahkan kita membuka file di mana saja, baik di laptop maupun android.

2. Mudah Untuk Diinstal

Bisa dipasang di android, komputer & laptop. Point yang pertama ini adalah hal mendasar alasan utama saya memilih Google Drive. Semua perangkat saling terhubung, asalkan terkoneksi internet.

Proses pemasangan Google Drive cukup mudah. Untuk Android cukup cari aplikasi Google Drive di Playstore, kemudian download. Sedangkan di Komputer/Laptop tinggal cari di Google, kemudian cari Google Drive. Selanjutnya buat akun jika belum memiliki. Begitu juga yang dilakukan di aplikasi android.

3. Bisa membuka file di ponsel android

Alasan ini adalah alasan kedua yang paling utama. Yaitu bisa membuka di  ponsel android. Saat saya tidak bisa atau malas membuka laptop, cukup membuka ponsel dan bisa melanjutkan pekerjaan saya sebelumnya yang belum selesai di laptop.

4. Wadah yang Tepat Untuk menyimpan File Pembelajaran dan Adiminstrasi

RPP dan silabus. Google Drive sungguh memudahkan saya dalam menggajar. Mengapa demikian? Karena file RPP dan silabus cukup saya simpan di Google Drive. Jadi walaupun di mana saja saya bisa mengedit, mempelajari, memperbaiki dan membayangkan materi yang akan saya ajarkan.

Saat mengajar dengan bermodal ponsel android saya, saya dengan mudah membuka file RPP atau silabus. Tanpa harus ribet bongkar berkas bertumpuk-tumpuk.

Menyimpan administrasi kelas, sekolah dan pribadi. Kebetulan saya juga Operator Sekolah di tempat saya bekerja. Sehingga saya banyak menyimpan file penting. Baik itu file administrasi kelas, pribadi, file sekolah dan lain-lain.

Saya sudah sangat merasakan kemudahannya. Sebagai contoh, suatu saat saya di Diknas Pendidikan mengisi data yang berkaitan dengan sekolah. Kadang saya lupa hal-hal penting yang berhubungan dengan sekolah. Saya hanya cukup membuka Google Drive. Alhasil dengan mudah saya mendapatkan arsip yang saya inginkan.

5. Proses Loading Cepat

Sebelum saya menggunakan Google Drive, bertahun tahun menggunakan fasilitas tetangga. Maksudnya sistem sejenis Google Drive yang tak saya sebutkan Brandnya. Dibanding dengan tetangga, milik buatan google ini lebih terasa cepat prosesnya.

6. Bisa Ngedit Dokumen Sambil Tiduran di Rumah

Maksud point tersebut bukan ingin membuat Bapak/Ibu untuk malas bekerja, yaitu bekerja sambil tiduran. Tetapi maksud saya adalah, saat kita istirahat sekalipun bisa mengakses file/dokumen kita sendiri dengan mudah, walau sambil tiduran sekalipun.

7. Otomatis Menyimpan File Perubahan

Inilah yang tak kalah penting dari yang penting. Google Drive akan memperbaharui otomatis file yang baru kita edit di laptop/komputer. Tanpa harus menyimpan ulang dan membuat file jadi bertambah.

Bertahun-tahun saya memakai brand tetangga. Apabila memperbaharui dokumen baik microsoft word atau excel di laptop, apabila selesai mengedit selalu minta save as dengan nama file baru. Sehingga file saya bertambah dan jadi tumpang tindih.

Cuma kekurangannya adalah saat menyimpan di HP sedikit perlu usaha. Setelah kita mengedit, apabila tidak ingin menjadi file baru, mensave mesti di lokal penyimpanan file awal tersebut. Tujuannya adalah file baru menimpa file lama, sehingga terjadi pembaharuan file yang lama. Apabila tidak di lokal penyimpanan file awal, maka akan terjadi penambahan file baru.

8. Kapasitas Penyimpanan Besar

Kapasitas yang diberikan15 Gb. Untuk sejenis dokumen word/edxcel, kapasitas tersebut adalah sangat besar.

9. Brand Besar

Point terakhir adalah yang paling saya membuat yakin dan percaya. Seperti kita semua tau, Google adalah nama Brand besar yang tidak perlu diagukan lagi.

10. Tidak Ribet

Dari pandangan saya di atas dapat kita simpulkan sistem Google Drive sangat memudahkan. Jadi tidak ada alasan Bapak/ ibu guru untuk tidak menggunakan Google Drive.

Dengan Google Drive Bapak/Ibu akan mendapat kemudahan menyimpan dokumen. Tanpa harus membawa laptop ke mana mana. Google drive bisa menyimpan file dengan aman tanpa takut kehilangan file gara-gara laptop rusak.

Penutup

Demikian ulasan sederhana ini tentang 10 alasan setiap guru mesti memasang Google Drive. Pembaca yang baik adalah pembaca yang meninggalkan jejak. Mohon masukannya demi perbaikan blog ini.
Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar